Festival Pesona Donggala 2019 Bisa Berefek Ekonomi Bagi Masyarakat Donggala

Pemerintah Kabupaten Donggala menggelar Festival Pesona Donggala (FPD) tahun 2019. Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulteng, I Nyoman Sriadijaya mewakili Gubernur Longky Djanggola, di Anjungan Gonenggati, Kamis (21/11) sore.

Wakil Bupati Donggala Moh Yasin dalam amanatnya mengatakan Festival Pesona Donggala selain berefek secara ekonomi juga harus menjadi sarana perekat masyarakat di Donggala yang terdiri beragam suku, budaya, dan adat istiadat.

Selain itu, papar Yasin menjelaskan, festival pesona Donggala menjadi wadah pembelajaran untuk pelestarian nilai-nilai budaya daerah dalam memperkuat kebudayaan nasional.

” Selain memperkenalkan potensi daerah melalui keberagaman budaya dan wisata, kegiatan ini dapat menggairahkan ekonomi masyarakat, khususnya usaha mikro dan industri rumah tangga yang terpuruk pasca bencana alam lalu,” imbuhnya.

“Harapan saya kedepan kegiatan seperti ini bisa melibatkan seluruh elemen masyarakat, bukan hanya di Donggala tapi juga dari daerah lain,” katanya.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola melalui Kadis Pariwisata, I Nyoman Sriadijaya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Donggala dan kepada semua pihak atas terselenggaranya Festival Pesona Donggala tahun 2019.

Longki berharap festival pesona Donggala dapat berkelanjutan serta bernilai guna sebagai sarana untuk mengangkat dan mempromosikan industri wisata yang ada di Kabupaten Donggala sekaligus memberikan efek yang besar terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Program sapta pesona melalui Inpres yang telah diluncurkan sejak tahun 2006 berkaitan dengan keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, kesejukkan, keramahan dan ketenangan. inilah yang menjadi sisi lain dari kota wisata Donggala yang diharapkan ke depan menjadi salah satu daya tarik masuknya wisatawan ke Sulawesi Tengah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala, Sadjaun sebagai penyelenggara festival pesona Donggala melaporkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memberikana “multi player efek” yang besar terhadap perekonomian, kesejahteraan masyarakat dan pelaku usaha.

Pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Donggala tahun ini kata Sadjaun, akan berlangsung selama tiga hari, mulai 21 hingga 23 November 2019 dengan berbagai kegiatan antara lain lomba fotografi, pameran ekonomi kreatif dan lomba kreasi jajanan pasar tradisional daerah.