Pengembangan Pariwisata Jadi Target Utama

Pemerintah Kabupaten Donggala akan fokus mengembangkan sektor pariwisata yang memang menjadi unggulan di daerah tersebut. Jika kota Palu terkenal dengan daerah yang banyak memberikan jasa pelayanannya, dan kabupaten Tolitoli serta kabupaten Mamuju Utara Sulbar terkenal dengan unggulan pertaniannya, Kabupaten Donggala yang ada di daerah itu akan hidup lahir dengan pariwisatanya.

Saat ini rencana besar Pemkab Donggala adalah menjadi Kabupaten Donggala, khususnya Kota Donggala menjadi Kota Wisata. Pengembangan pariwisata di daerah ini sudah terencana oleh Pemkab Donggala denga matang, tahun ini pengembangan tahap pertama Anjungan Gonenggati telah dilaksanakan dan sementara berjalan. Secara bertahap pemkab Donggala akan terus mengembangkan sektor Pariwisata di Kabupaten Donggala tersebut.

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH, belum lama ini menegaskan bahwa pemerintahan yang dipimpinnya akan fokus membenahi seluruh potensi wisata yang ada di Kabupaten Donggala, berdasarkan apa yang disampaikan saat ini Kabupaten Donggala memiliki 48 potensi wisata yang sangat menjanjikan termasuk yang menjadi unggulan di dalam Kota Donggala.

“Tahun ini, kita mulai dengan langkah membenahi Anjungan Gonenggati,” ungkapnya.

Lanjut Kasman, Pengembangan Tahap pertama Anjungan Gonenggatai merupakan langkah dan Pemkab Donggala dalam mewujudkan program, Kota Donggala menjado Kota Wisata. Rencananya Pemkab Donggala Oktober 2016 ini akan mencanangkan program itu, yakni menjadi Kota Donggala sebagai Kota Wisata.

“Setelah ini, dan secara bertahap kita akan melakukan pengembangan potensi wisata lainnya. Dalam melaksanakan itu nantinya, akan melibatkan sejumlah satuan unit kerja seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perindustrian dan beberapa Dinas lainnya,” sebutnya

Dalam rencana pembenahan dan pengembangan objek wisata itu baik di Kota Donggala maupun diobjek wisata unggulan lainnyayang akan dilakukan oleh pemkab Donggala, tentunya akan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan. Dipaparkan Kasman seperti memperbaiki infrastruktur jalan, drainase, air bersi, tempat parkir. “Termasuk sasaran lainnya yang menjadi penunjang di objek wisata itu,” tandasnya

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini terdapat beberapa lokasi wisata yang mempunyai daya tarik tertentu yang semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai tempat di Sulawesi Tengah yaitu pantai Tanjung Karang, Pusat Laut (Pusentasi), Pantai Kaluku, dan beberapa lokasi bahari lainnya di Kecamatan Sojol dan Sindue. Objek – objek itu harapnya dapat dikelola oleh Pemerintah dan masyarakat secara baik sehingga memberikan dampak tersendiri bagi masyarakat.